Sunday 24 May 2015

Lenggang Jakarta

Hai..

Minggu ini aku dan Andung maen-maen ke Lenggang Jakarta. Lokasi nya di Taman Eks IRTI Monas, Jakarta Pusat. 

Lenggang Jakarta ini baru aja diresmikan pada Jumat 22 Mei 2015 lalu. 

Nah, Lenggang Jakarta ini merupakan program penertiban pedagang kaki lima (PKL)  dibawah pemerintahan Gubernur Ahok.

Program Lenggang Jakarta merupakan program penertiban PKL Monas yang dilaksanakan oleh CSR Rekso Group bersama Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI. Semua pedagang yang terdaftar dan berdagang di Lenggang Jakarta merupakan PKL Monas.

Meskipun sudah dapat tempat, tetap saja di Area Monas masih banyak PKL yang berjualan.
Mungkin karena masih baru, jadi belum semua pedangan menempati kios di Lenggang Jakarta ini.


Dengan menyunting Lenggang Jakarta : Food & Culture Park, Lenggang Jakarta dipersiapkan sebagai Pusat Kuliner dan Taman Budaya.


Kuliner yang disajikan di Lenggang Jakarta bervariasi, mulai dari nasi goreng, soto betawi, gulai kambing, pecel bebek, nasi uduk, hingga selat solo. Harga makanannya pun bervariasi, mulai dari Rp 15.000-Rp 40.000 tiap porsinya. Transaksi di Lenggang Jakarta baru dapat menggunakan kartu e-money Bank Mandiri. Kualitas makanan pun sudah teruji oleh Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM).

Adapun total pedagang yang berjualan di Lenggang Jakarta sebanyak 329 orang meliputi pedagang kuliner, aksesori, dan suvenir. Para pedagang kuliner di Lenggang Jakarta ini sebelumnya juga telah diberikan pelatihan memasak sejak Januari 2015 dari dua koki andal. Tak hanya pelatihan memasak, mereka juga diajarkan cara menyapa tamu, mengatur keuangan, sanitasi, hingga cara berwirausaha.

Sebagai Taman Budaya, tentu saja karena berada di Kawasan Taman Monumen Nasional (MONAS).

So, buat temen temen yang juga ingin dateng ke Lenggang Jakarta. Silakan Mampir ke Monas, Taman Eks IRTI.

Tidak ada tiket masuk alias gratis. Jadi buat yang mau jalan jalan murah meriah, menyenangkan dan berwawasan, cocok banget nih buat cuci mata ke Lenggang Jakarta.




Salam Stabil.
Faradila Nov

No comments:

Post a Comment