Wednesday 4 April 2012

Jakarta, Full of Surprise versi Ondel-Ondel

Tentu semua warga Jakarta, akrab dengan ondel-ondel..

ya salah satu bentuk pertunjukan tradisional betawi yang menyerupai manusia ini sering dihadirkan di acara-acara penting di Jakarta.

Little bit surprise saat melihat pertunjukkan asli Betawi ini dimainkan oleh anak-anak muda.
Salah satu kesenian khas yang dilestarikan :)

ini bila sedang beraksi




Secara detail, biasanya ondel-ondel memiliki tinggi sekitar 2,5 meter. Dibuat dari anyaman bambu dan tentu saja kalian tahu bahwa ondel-ondel ada yang perempuan dan laki-laki.

Wajah laki-laki biasanya berwarna merah namun biasanya adapula yang berwarna coklat. Untuk yang perempuan biasanya berwajah putih. :)

Menelusuri sejarah ondel-ondel, dahulu pertunjukan ini digunakan sebagai penolak bala. namun seiring berjalannya waktu kesenian ini menjadi penyemarak acara-acara penting di jakarta misal nya Pesta Rakyat hingga penyambutan tamu terhormat. Betapa pun derasnya modernisasi yang hinggap apalagi di Kota Metropolitan ini, Ondel-ondel adalah ikon Jakarta. Hebat ya!

Musik,

Pertunjukan ini tak lepas dari musik pengiring yang lebih sering disebut Tanjidor. Dahulu lagu-lagu yang dimainkan secara khas oleh klub tanjidor adalah lagu-lagu bertema Betawi semisal "Ujan Gerimis" milik Benyamin Sueb. Namun, karena mengikuti perkembangan zaman, terkadang lagu-lagu yang dibawakan juga lebih berwarna.
Misal nya : "Alamat Palsu" nya Ayu Ting-Ting.

ini diaaaaa


No comments:

Post a Comment