Monday 29 November 2010

Pengakuan Atas Angklung


ANGKLUNG



sebuah alat musik tradisional Sunda-Jawa Barat..
jujur, aku tak akrab dengan angklung..mungkin karena aku terlahir dan besar hingga SMA di Klimantan Barat. Jadi, aku sedikit kurang paham bagimana memainkan alat musik ini.
Tapi tak mengapa, yang menjadi topik kali ini ialah...pengakuan UNESCO terhadap angklung sebagai warisan budaya dunia tak benda, dengan begitu tidak akan ada lagi negara lain yang mengklaim angklung.

Mencoba melihat kebelakang, Angklung sempat diklaim oleh negara tetangga yaitu Malaysia.
Hal ini disambut dengan reaksi keras dari Indonesia. Hujatan dan Kritik pedas pun terlontar bagi negara "M" itu. Dari kejadian ini, seharusnya bukan hujatan dan kritikan yang kita lakukan. Justru Indonesia harus sadar bahwa betapa sangat dicintainya Alat Musik Tradisional Sunda itu di negara luar. Untuk itu bekerja sama dengan pemerintah, bersama-sama untuk membangun kesadaran dan menumbuhkan cinta pada kekayaan dan warisan budaya negara sendiri. Pemerintah juga hendaknya memiliki perhatian khusus untuk pelestarian warisan budaya tersebut.

Kita juga harus turut ikut serta melestarikan warisan budaya tersebut sebagai generasi muda yang menjalankan hak dan kewajibannya..

;)

No comments:

Post a Comment